[TRAVEL] Jeju weekend trip (1 Night 2 Days)

Annyeonghaseyoo ^_^ April tanggal 23-24 2021 aku pergi sama temen2ku ke Jeju buat weekend trip ~ Sebenernya ini trip agak maksa karena waktunya bentar banget cuma 2 hari 1 malem… Kenapa maksa? Karena salah satu temenku ada yang bulan Mei harus balik ke negara asal, dan sampe saat itu belum pernah ke Jeju jadi kita memutuskan buat nemenin dia ke Jeju sebelum dia pulang.

Dari dulu salah satu dreamku – trip ama temen internasional trus foto paspor bareng wkwk. Bisa tebak negara apa aja temenku?

Kalo ngomongin trip ke Korea, traveler2 pasti juga pasti familiar sama “Pulau Jeju” – jadi ini pulau kayak “Bali” nya Korea, terletak sekitar 1 jam naik pesawat dari Seoul (Gimpo Airport/Daegu). Namanya juga pulau “Bali”, kalian bisa expect buat liat : -) Tanaman tropis -) Banyak pantai -) Lebih terik dan banyak angin -) Ada gunung2 berapi. Orang Korea sendiri juga banyak banget yang honeymoon di Jeju, apalagi pas covid gini gak boleh international flight kan ya.

Dari dulu aku kira pulau Jeju itu kecil dan 1-2 hari explore itu cukup buat liat semua, ternyata enggak gengs! Minimal 3 malem 4 hari kalo pengen puterin satu Jeju. Jadi di Jeju ini ada banyak part (utara, selatan, timur, barat, tengah) – dan tergantung sama kamu pengennya “experience” apa, kamu bisa fokus ke daerah itu. Contoh: tengah, timur itu fokusnya alam (ada gunung berapi, ada taman besar, temple2 gitu); utara – barat lebih ke cafe2 hits pinggir pantai. Kalo aku dan temen2 sendiri orangnya lebih suka ke cafe hits nongkrong foto2 jadi di waktu yang singkat ini kita fokus ke daerah Utara – Barat pulau Jeju.

Buat kalian yang ke Korea dan gak lama2 (mungkin 7 hari aja), moga2 ini itinerary singkat padat bisa jadi inspirasi yah ^^

Without further ado, here is my itinerary!

Summary

Day 1

• Iho beach sightsee
  • Dongmun night and fish market for dinner & shopping
  • Stay the night at Iho beach

Day 2

• Osulloc tea museum
  • Aewol beach Lunch (갈치조림/ Hairtail fish stew)
  • Aewol beach – Bomnal Cafe
  • Aewol beach – sightsee
  • Flight at 9 PM

Money spent (super adjustable to your travelling style)

• Ticket round trip : ~45,000 KRW
  • Hotel : ~15,000 KRW
  • Food, snack, coffee (2 days) : ~45,000 KRW
  • Souvenirs : ~13,000 KRW
  • Taxi : ~27,000 KRW (mostly to and from airport)
  • Total : ~145,000 KRW

Day 1 – Arrived at Jeju Airport, Check in (Ocean Family Hotel – 5km from Airport), Iho beach sight see

Jadi karena kita mahasiswa misqueen yang ingin jalan2, kita ngincer tiket termurah yang bisa kita dapet. Karena lagi covid juga, banyak orang gak berani travelling.. Kita beli tiket pesawat dr Daegu ke Jeju H-2 hari trip, tiket berangkat 26,100 KRW jam 4-5 PM (IDR 340k kurs 13), pulang 15,100 KRW jam 9-10 PM (IDR 196k kurs 13). Tips dapet tiket murah dari aku: beli tiket deket2 hari lebih murah dr jauh2 hari (kalo berani judi begini wkwk)

Kita ambil jam 4 juga bukan karena murah aja, tp karena hari Jumat paginya masih ada kelas dan gak bisa bolos.. Sebenernya klo ada waktu lebih enak brkt pagi pulang malem besoknya karena bisa pergi ke lebih banyak tempat

Okay jadi abis kita sampe di Airport, kita langsung ambil taksi bandara buat ke Ocean Family Hotel (jarak sekitar 5km/10 menitan dari hotel, 1 malem harganya sekitar 60,000 KRW bagi 4 jadi 15,000 satu orang). Tips lagi : kalo pergi ber 4 lebih praktis efektif naik taksi kalo ke tempat yang jaraknya 5km an! Harganya sama kayak bus (sekitar 5,000 KRW – 6,000 KRW bagi 4 orang)

Abis kita sampe di hotel, istirahat bentar dan langsung lanjut ke pantai di belakang hotel (Iho beach). Pantainya pasir putih dan banyak ombak jadi banyak orang surfing disitu. Aku cuma lihat2 dan foto2 aja sih

Day 1 – Dinner + Shopping at Dongmun Night Market

Dari hotel ke Dongmun Market agak lama ya.. 1 jam gitu by bus. Dongmun ini letaknya di downtown, jadi lebih rame daripada di daerah Iho. Disini ternyata kayak pasar ikan + pasar oleh-oleh gitu, trus ada stand foodcourt kayak sekitar 20 tenants jual macem2 , tp mostly jualannya makanan khas Jeju.. Kimbab kotak kecil2 (전복김밥) sama Barbeque (Non halal). Satu makanan kisaran 7,000 KRW, porsi 1 orang.

Waktu searching di Naver sama Tripadvisors dan tanya temen Korea mereka rekomen banget buat kesini buat jajan2. Waktu sampe juga, kaget rame bener antrian makanannya (bisa min 30 menit cm mau makan barbeque) Pas udah coba makanannya, jujur menurutku biasa aja 😦 Trus pilihan makanannya jg gak banyak.. Tapi ya sensasi makan di pasar malem aja … Jujur klo ngomong pasar malem Semawis Semarang jauh lebih bagus + lebih besar + lebih banyak pilihan :”)

Tapi di pasar ini asiknya banyak tempat beli oleh2 murah. Kalo di Jeju oleh2 nya kebanyakan hal yg berhubungan sama Tangerine (감귤). Aku suka banget sama Tangerine Makgeolli (alcohol) – 3,500 KRW, coklat tangerine (kalo d pasar kisarannya 1 kotak isi 25 harganya cm 8,000 an; merek Jeju Kiss – halal kata Google). Ada permen, gantungan kunci etc juga kalo aku sih kemaren lagi hemat jadi gak beli yang mahal-mahal ahaha.

Oleh oleh yang aku beli

Btw pasar malemnya start jam 6, tutup jam 12 an. Aku disitu sampe jam 9 atau 10 gitu, trus pulang lagi ke hotel~

Day 2 – Osulloc Tea Museum

Karena bingung juga mau kemana (pengen ke Starbucks Seogwipo juga jauh ke selatan, pengen ke kafe kokonya Suga mencar arahnya) jadi kita memutuskan ke Osulloc Tea Museum. Di Osulloc Tea Museum ini kalian bisa lihat hal2 berkaitan sama green tea: green tea farm, green tea museum, cafe green tea, dan Innisfree Flagship Store.

Negative point nya itu tempatnya cukup jauh dari downtown/airport – sekitar 1.5 jam ke arah Jeju tengah dan busnya jarang ada (busnya cuma ada 1 jam sekali). Jadi buat hemat waktu, cek jadwal jam bus sering2 liat internet buat kapan busnya berangkat (kalo dari deket airport, naik bus 151 bisa berhenti langsung di depan Osulloc)

Aku berangkat jam 9.30, karena pas itu gatau busnya jarang, akhirnya sampe baru 11.30 an gitu. Trus disitu foto2, cafe bentar, liat2 macem2 dan ambil bus jam 2 an buat lanjut ke destinasi selanjutnya

Cafe greenteanya enak, tapi mayan mahal sih. Satu minuman dan cake kecil minimal 6,500 KRW. Lebih enak kalo pergi bareng bisa share cobain dikit2 gitu.

Video2 Tiktok ~ Innisfree (https://vt.tiktok.com/ZSJU75g1b/), Cafe and tea farm (

Day 2 Aewol beach lunch – Fish stew

Jadi buat ke pantai Aewol (Pantai di daerah utara Jeju) kita naik bus lagi sekitar 1 jam an dan sampe ke Aewol buat makan siang (jam 3.30 wkwk). Masalahnya ternyata di Korea banyak banget resto yang ada lunch break buat staff, biasanya antara jam 2.30 – 5.00 gitu. Jadi kita gak bisa makan di tempat yang recommended (Tteure – 뜰에)

Untungnya di deket situ ada restoran Korea random yang buka, namanya 태공식당 (Taegong Sikdang). Resto ini jualan masakan Korea tradisional, recommendednya si hairtail fish stew (Ikan panjang yg banyak durinya). Karena aku gak suka ikan yang kayak gitu, aku cuma pesen sundubu jjigae. Harganya reasonable banget (aku sih cuma bayar 7 ribu Won), isinya banyak, dan bosnya baik banget. Rasanya standard masakan Korea ya..

Day 2 – Aewol Bomnal Cafe

Sebenernya kalo mau ngafe bagus kayaknya lebih bagus kalo di pantai lain (Hyeopjae – pasirnya putih), karena Aewol ini tipe pantai yang batu2 bukan pasir. Aewol terkenalnya buat sunsetnya yang bisa ungu2 gitu… Cuma waktunya gak sempat buat nonton sunset 😦 sedih banget! Awalnya kita rencana mau ke “Aewol the Sunset” kayak resort yang ada cafenya. Cuma keknya temenku lagi gak up to something fancy, jadi kita ke Aewol Cafe Street yang disitu banyak cafe2 lucu right beside the sea juga. Kita akhirnya pergi ke Bomnal Cafe~~

Rasanya ya biasa aja yah. Harga standar cafe (Americano 5,000 won), cuma tempatnya agak luas dan ada macem2 tempat duduk. Indoor dan outdoor buat liat pantai

Ngopi di pinggir pantai

Day 2 – Aewol Sightsee

Di Aewol ini pantainya cuma batu jadi cuma foto2 bentar trus ke tempat lain. Banyak orang juga main kayak disini, tp aku sih gak suka yang gituan.

Terus di deket cafe2 banyak tempat oleh2 juga yang jualan barang2 lucu khas Jeju (gantungan kunci, stationary, etc desainnya Jeju tangerine)

Karena kita mesti ke airport juga, jadi kita cuma jalan2 bentar ampe jam 6 an trus cepet2 pergi ke airport. Bahkan belum liat sunset :”) Pas kita otw pulang dari Aewol itu sempat liat sunset di mobil, dan emang bagus gitu!! Yang warna langitnya oranye ungu gitu lah :”)

…..Gini aja sih ceritanya wqwq

Next aku pengen ngetrip dengan agak lama waktunya ke Jeju, aku pengen perginya ke

• Aewol lagi tapi sunset – Barat
  • Makan 흑돼지 (Samgyeopsal tapi babi hitam khas Jeju) – Downtown
  • Ke Seogwipo (Buat ke Starbucks Jeju yang desainnya unik) – Selatan
  • Ke cafe koko Suga (Gongbaek) – Timur
  • Ke ollegil (Jalan di sekitar pantai) – Barat
  • Ke Camellia Hill (botanical garden, isinya bunga2) – Tengah

Tips lagi buat travelling ala local di Korea Selatan, sering2 liat Instagram! Orang Korea suka research tempat eksis pake IG, emang hashtagnya pake Bahasa Korea, tapi mungkin cara ini bisa dijadiin inspirasi:

• Ketik nama city yang kamu mau visit (Jeju misalnya, nanti ada acc yang profpicnya cuma tulisan dan followernya banyak – @all.about.jeju, bisa liat disitu gambar2 nya sama tag locationnya. Kota lain juga ada, misalnya Daegu – @daegu.gogo)
  • Search pake hashtag : #제주도 (Nama kota), #제주도맛집 (Nama kota_Matjib *artinya tempat makan enak), #제주카페 (Nama kota_cafe), #제주도여행 (Nama kota_travel), #제주핫플레이스 (Nama kota_hatpeleiseu alias hot place~)